• icon menu mobile
Artikel

Selamat Merayakan Kelulusan!

Monday, 22 April 2019
blog orchid

Apa pun arti dari kelulusan, perayaannya bisa datang dalam berbagai bentuk. Di Indonesia, kita merayakannya dalam kebaya dan setelan dasi, tapi semuanya itu jelas berbeda di negara lain. Bahkan, kamu bisa kaget ketika membaca beberapa tradisi kelulusan ini!  

Berbagai Tradisi Perayaan Kelulusan di Beberapa Negara

Jepang merayakan kelulusan di bulan Maret dengan banyak kegiatan baris berbaris sambil memakai seragam sekolah mereka. Di Filipina, para siswa juga diharuskan memakai seragam di bawah jubah kelulusan mereka. Sebagai tanda penghargaan, mereka akan dikalungi dengan karangan bunga di leher saat mereka turun dari panggung. Budaya-budaya formal seperti ini sangat mirip dengan tradisi universitas-universitas di Inggris.

Sebaliknya, beberapa negara lain menganggap kelulusan sebagai kesempatan untuk mempermalukan para lulusan. Lulusan baru di Argentina akan dilempari kecap, sirup, dan makanan lengket. Pada dasarnya, mereka akan dilempari apa saja yang bisa menempel pada tubuh. Di Swedia, siswa sekolah akan mengenakan topi kapten lalu sambil bernyanyi dan berjalan keluar sekolah. Diluar sekolah, keluarga mereka sudah berkumpul dengan membawa foto masa kecil yang memalukan dari para lulusan untuk dipamerkan di depan umum. Di Italia, para lulusan harus mempersiapkan diri untuk dipermalukan di muka umum oleh teman-teman mereka.

Para lulusan baru akan dipaksa mengenakan kostum sementara teman-teman mereka berbaris untuk melemparkan makanan dan cairan kepada mereka!   Beberapa negara lain melakukan hal-hal yang sedikit lebih tradisional. Anggota keluarga kerajaan Thailand akan membagikan serfitikat kelulusan kepada para lulusannya untuk menunjukkan penghargaan karena mengejar pendidikan sampai tingkat tertinggi. Wanita Rusia tidak mengenakan toga kelulusan karena tradisi mengharuskan mereka untuk mamakai gaun hitam dengan celemek.

Gimana dengan Negara kita? Dibandingkan dengan negara lain, sepertinya kita punya tradisi yang cukup santai. Dengan semua perbedaan yang ada, memberikan bunga adalah sebuah tradisi yang pastinya sangat berarti untuk siapa saja. Mungkin memang sederhana, tetapi memiliki makna apresiasi yang dalam. Di musim kelulusan ini, kami telah menyiapkan ‘Song of Congratulation’ untuk orang-orang yang kamu sayang. Karangan ini adalah campuran dari hydrangea, mawar putih dan eryngium segar dengan boneka beruang kecil yang lucu di atasnya. Kamu juga dapat menulis pesan pribadi untuk penerima bunga!

Artikel Terkait:
1. Asal Usul Anggrek
2. Selamat Hari Ibu !
3. 7 Rekomendasi Pilihan Hadiah Wisuda Untuk Diberikan di Hari Kelulusan

Comments
back to top
logo whatsapp